Rabu, 12 Desember 2018

UMB SUKSES MENGADAKAN PHGE TAHUN 2018

                                                              
Bengkulu, 12 Desember 2018
Assalamu’alaikum, wr.wb

Dimana pun kita berada, semoga selalu di bawah lindungan Allah SWT. Kesempatan ini Tepisan Jejak akan berbagi tentang kegiatan dosen yang sudah dilaksanakan beberapa bulan yang lalu. Nama kegiatannya adalah Program Hibah General Education (PHGE) yang diberikan oleh Ristekdikti untuk beberapa universitas salah satunya Universitas Muhammadiyah Bengkulu. UMB melakukan kegiatan PHGE, sudah ke 3 kalinya. Suatu kesempatan yang begitu luar biasa, kampus UMB dipercayai secara periodik untuk mengimplementasikan hibah ini. Adapun anggota inti program PHGE adalah :
1. Ketua : Dr.Irwandi, M.Pd.,
2. Anggota tim : Chairul Suhendra,
S.E., M.Si,Ak.CA.,
Dwi Fitriani, S.P.,M.P.,
Dr. Risnanosanti, M.Pd.,
Azima, M.Pd.,

Pelengkap: Yuli Hartati,S.Pd., dan Sartika Hakiki,S.Pd., (mahasiswa)

PHGE adalah suatu program hibah yang diberikan untuk dosen yang berfungsi untuk meningkatkan berpikir kritis mahasiswa yang berbasis Lesson Study. Berdasarkan fakta yang sudah dilihat bahwa mutu pendidikan di Indonesia masih tergolong rendah, salah satu indikatornya adalah dalam hal berpikir tingkat tinggi (kritis). Rendah sekali jika dibandingkan negara lainnya, hanya nomor terakhir (nomor 6) dari 6 negara yang disurvei, satu tingkat di bawah Thailand. Maka dari itu, program ini hadir untuk meningkatkan berpikir kritis mahasiswa sehingga mereka mampu menganalisis suatu permasalahan.
Adapun  fakultas yang telah dilaksanakan PHGE adalah:
1. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP), Prodi Pendidikan BiologiDengan dosen model Ibu Rukiah Lubis,M.Pd.,
2. Fakultas Pertanian (FP), Prodi Peternakan
Dengan dosen model Ibu Dr. Nurhaita, M.P.,
3. Fakultas Teknik (FT), Prodi Teknik Informatika
Dengan dosen model Bapak Dedi Abdullah, M.Eng.,
4. Fakultas Agama Islam (FAI) Program Studi Komunikasi Dan Penyiaran Islam
Dengan dosen model Ibu Lety Febriana, M.Pd.I.,
5. Fakultas Ilmu Sosial dan Politik (FISIPOL) Program studi Sosiologi
Dengan dosen model Ibu Dr. Ledyawati, M.Sos.,
6. Fakultas Ilmu Kesehatan (FIKES) Program Studi Ilmu Keperawatan
Dengan dosen model Ibu Ns. Padila, S.Kep., M.Kep.,
7. Fakultas Ekonomi (FE) Program Studi Akuntansi
Dengan dosen model Bapak Chairul Suhendra, S.E., M.Si,Ak.CA.,
8. Fakultas Hukum (FH) Program Studi Hukum
Dengan dosen model Bapak Randy Pradityo, S.H., M.H.,
============================================================
Alhamdulillah secara umum dari OC 1-4 seluruh fakultas yang sudah dilaksanakan di UMB mengalami peningkatan analisis berpikir kritis disetiap pertemuan pembelajaran dilihat dari akumulasi nilai yang terhitung dari lembar indikator berpikir kritis. Artinya ada perubahan yang signifikan setelah dilakukannya program hibah ini. 
Sejalan dengan pernyataan itu, sesuai dengan hasil Focus Group Discussion (FGD) yang dilaksanakan pada tanggal 22 November 2018 di ruang seminar Pascasarjana Pendidikan Biologi UMB Kampus 4. Diperoleh generalisasi bahwa hasil FGD di setiap fakultas cenderung naik di setiap pertemuan perkuliahan melalui hasil presentase dari lembar indikator berpikir kritis. Dosen model menyatakan bahwa PHGE ini kegiatan yang sangat bagus sekali untuk dilaksanakan demi meningkatkan high quality untuk dosen dan mahasiswa.

 Kegiatan FGD
Pola pembelajaran yang seperti ini, semestinya tidak hanya dilakukan ketika ada Hibah saja namun ada baiknya Lesson Study ini dilakukan disetiap proses pembelajaran”ungkap ketua PHGE (Dr.Irwandi,M.Pd). Selain itu dosen model FT Bapak Dedi Abdullah, M.Eng menyatakan bahwa in shaa Allah saya akan melaksanakan bentuk diskusi yang seperti ini walaupun tidak dalam rangka Hibah dan saya akan mengajak dosen lain untuk mempraktikannya.

Selanjutnya kegiatan presentasi hasil PHGE di UMB sudah dilaksanakan oleh Bapak Ketua kegiatan. Alhamdulillah hasil PHGE sudah dipresentasikan waktu lalu di Jakarta, kegiatan berjalan dengan lancar dan sukses ungkap Ketua PHGE (Dr.Irwandi,M.Pd).

                                     Presentasi hasil PHGE Dikti di Jakarta

Akhirnya kami mengucapkan ungkapan terima kasih atas partisipasinya seluruh tim PHGE, dosen model, observer dan kampus Universitas Muhammadiyah Bengkulu yang sudah membantu mensukseskan program ini. Semoga program ini berkah, bermanfaat dan berkelanjutan. Aamiin Allahumma Aamiin. Billahi Fii Sabililhaq Fastabiqul Khairat

Wassalamu'alaikum, wr.wb
Support by :

  



Info lebih lanjut 
WA : +6282363320578
Fb    : Yuli Abustami
Tw : Yuli Hartati
Ig  : Yuli Abustami
Ytb : Yuli Abustami
Blog : Tepisanjejak.blogspot.com




5 komentar:

  1. Mantap mbak . Sukses slalu ya mbak.. Umb maju teruss..

    BalasHapus
  2. Wahh sukses mb ,aku umb juga nih . Hehehe

    BalasHapus
  3. Aamiin Ya Allah. Semoga kampus ini selalu bersinar ya adek kiyah dan adek neng💓

    BalasHapus
  4. Alhamdulillah, sukses program PHGE ini berkat orang2 hebat. Terima kasih d ucapkan kepada pak irwandi sebagai ketua, para tim anggota pelaksana PHGE ini, dosen model serta para observer dari 8 fakultas yg tidak bisa d sebutkan satu persatu. Serta my team observer ibu azimah dan mbk yuli tersayang terima kasih atas kebersamaan selama 3 bulan yg sangat hebat ini, ilmu yg d dapat d program PHGE ini sangat luar biasa.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sama2 adek comel 😁 maafkan ada perbuatan dan ucapan yang tidak mengenakkan selama kegiatan. Jika ada itu hanya lelucon sja..hehe

      Semoga bisa ikut andil di kegiatan selanjutnya..hehe

      Hapus